Manusia Setengah Salmon – Raditya Dika

Raditya Dika – MANUSIA SETENGAH SALMON

DATA BUKU

 

Judul                     : Manusia Setengah Salmon

Penulis                : Raditya Dika

Tebal buku          : viii + 264 halaman

Penerbit              : Gagas Media

No. ISBN              : 979-780-531-X

Cetakan ke         : i

Harga                    : Rp 42.000,00

Tahun                   : 2011

 

Saya tahu mengenai buku nya MSS sendiri dari twitter nya @radityadika. Si radit (si kambing) terus promosiin buku terbarunya itu. Mention-mention anehpun muncul untuk si kambing. Mereka semua sibuk nanyain tentang MSS. MSS sendiri sudah terbit tepat hari Sabtu, 24 Desember 2011, tepat 4 hari sebelum si kambing ulang tahun. MSS itu terbit di toko buku di seluruh Indonesia secara serempak. Tanggal 27 Desember saya udah beli tuh buku. Saya senang gak ketulungan.

Malam harinya saya baca tuh buku. Covernya unik. Di balik cover depan ternyata ada 24 gambar bewarna si kambing berpose seperti saudara binatang lainnya yaitu seperti salmon. Saya sendiri cukup kaget sekaligus lucu juga. Si kambing udah enggak terlalu cakep berpose kayak gitu bikin dia makin enak dilihat. Kan muka jelek di jelek jelekin lagi pasti enak dilihat. Si kambing untuk novel terbarunya ngambil konsep yang cukup berbeda dengan sebelum sebelumnya. Pembatas bukunya juga keren sama kayak Marmut Merah Jambu. Oh ya, di MSS ada beberapa komik. Lumayanlah buat ngehibur.

MSS punya 19 bab di dalamnya. Ini dia ulasan singkat dari masing masing bab. Enjoy.

Ledakan Paling Merdu

Pasti semuanya udah mikir pasti itu KENTUT. Yup, betul. Di bab ini bercerita tentang kegilaan bokapnya si Kambing ya doyan banget senam kentut di tempat yang berpindah-pindah dan dengan posisi yang berbeda. Satu bab ini penuh dengann bunyi kentut “preeettt atau pyiuuuuuut.” Suatu saat si kambing sakit perut terus keesokan paginya, dengan bimbingan kebapakan bokapnya, si kambing disuruh buat nyobain senam kentut. Untuk mengeluarkan gas yang sangat penting ini, si kambing harus ngeden sekuat-kuatnya. Bisa dibayangin gak ada kambing yang lagi nyoba buat kentut. Dijamin pas baca ini kalian semua bakal ngakak abis. Tapi jangan sampai kentut ya.

Akibat Bertanya ke Orang Yang Salah Tentang Ujian

Bab “akibat bertanya ke orang yang salah tentang ujian” penuh hasil mention mention followers si kambing. Contohnya: “boleh bawa Nenek gak pas UN?” Terus si kambing balas “Boleh. Bawa Mama-Papa juga biar Nenek gak kesepian.” Asli. Pas baca ini saya ngakak. Atau “bang radityadika tahu gak gimana supaya dapat nilai paling tinggi pas ujian?” si kambing balas “jadian sama pengawasnya.” Hahaha. Kok bisa lah Tuhan menganugrahkan otak yang luar biasa sama si kambing. Bersyukurlah engkau wahai kambing!

Sepotong Hati di Dalam Kardus Cokelat

Dimulai dengan cerita si kambing yang baru aja diputusin sama pacarnya. Kejadian ini bertepatan dengan keluarga si kambing yang bentar lagi udah mau pindah rumah. Si kambing pun selanjutnya disibukkan dengan memasukkan barang-barangnya ke dalam kardus cokelat. Berbagai kenangan aneh pun muncul di kepala si kambing pun diceritakan dengan lucu. Contohnya saat tahun 1999 dimana si kambing punya rumah baru. Nyokap si kambing yang awalnya takut-takutin si kambing tentang hantu di rumah barunya, eh jadi nyokapnya si kambing yang tiba-tiba ketakutan sendiri. Di bab ini, si kambing bercerita dengan dewasa yang bisa bikin hati kita tersentuh.

Hal-hal Untuk Diingat Ketika Kencan Pertama

Berisi beberapa hal aneh yang sebenarnya enggak boleh dipratekkin waktu mau kencan pertama. Misalnya “Jika bertemu dengan orang tuanya, usahakan untuk sopan. Puji ibunya dengan baik, tetapi tidak berlebihan seperti ‘Wah, Tante menua dengan baik ya’(halaman 39) .“ Kocak abis. Kalau ada yang berani coba ngomong gitu sama orang tua pacarnya dijamin langsung digampar. Ada puluhan hal-hal yang gak boleh dipratekin. Cukup dibaca aja lalu siap siap untuk ngakak.

Bakar Saja Keteknya

Di bab 5 yang judulnya Bakar Saja Keteknya bercerita tentang supirnya si kambing yang keteknya luar biasa baunya. Berbagai penderitaan dialami si kambing ketika harus satu mobil sama supirnya. Kalau kita baca dijamin bukan bakal kasian sama si kambing tapi kita bakal ngebayangin yang enggak-enggak terus ketawa kencang. Awalnya si kambing ingin memecat supirnya tapi karena si supir masih punya anak-anak yang kecil, hati si kambing pun jadi agak agak baik lalu membatalkan niatnya. Karena takut untuk memecat si supir, si kambing tetap setia sama supirnya. Si kambing pun dengan segala kekuatan kambing berusaha bernapas di dalam mobilnya tanpa harus pingsan. Berdasarkan saran temannya, si Kambing membuat analogi.  Si kambing nanyain gimana caranya supaya bunga bangkai enggak bau lagi dan berharap sang supir bakal jawab disemprot dengan wewangian aja. Dan berharap lagi si supir langsung sadar kalau keteknya bau terus nyemprot keteknya dengan wewangian. Ternyata setelah si kambing nanya betulan ke supirnya, eh si supir malah jawab ‘bakar aja tuh bunga.’ Kan gak mungkin kalau ibaratnya ketek si supir itu bunga bangkai, kan enggak mungkin ketek si supir dibakar? Si kambing pun mutusin buat ngomong jujur sama sang supir mengenai bau keteknya si supir dan si kambing pun ngasih deodoran buat si supir. Dan ternyata deodorannya dipakai si supir sebelum tidur. Ya ampun. Setelah diberi tahu caranya akhirnya si kambing bisa bernapas dengan tenang di mobilnya. “Kalau gak jujur, emang kita suka repot”(halaman 68)

Hal-hal yang Tidak Seharusnya Dipikirkan Tapi Entah Kenapa Kepikiran

Berisi 19 hal yang dengan agak begonya dipikirin si kambing. Namanya juga kambing. Pasti agak agak gak pintar. Hahaha. Contohnya :

Hipnotis gagal : “Tatap mata saya..sudah?Nah, tolong ambil belek saya..”

Gilee tuh si kambing. Ternyata kepintarannya yang kurang berguna buat kita ketawa-ketiwi. (y)

Pesan Moral dari Sepiring Makanan

Si kambing beserta adik-adiknya lagi kesasar di kota Venice, Italia. Seharusnya mereka pergi makan di La Bitta dengan bantuan GoogleMaps. Tapi, karena si GoogleMaps si kambing mati di tengah jalan. Di perjalanan, bakal diceritain tentang kelucuan si radit dan adik-adiknya terutama si Edgar. Setelah GoogleMapsnya hidup lagi, mereka seharusnya bisa menemukan La Bitta. Tetapi mereka hanya nemuin tembok besar. Aduh, kasian ya. Ada kambing kesasar di Italia. Ada juga cerita si raditya dika yang lagi makan Lontong Kupang. Juga ada cerita si kambing yang lagi kencan terus digangguin orang Jepang yang lagi mabok sambil membuat gestur ada monas yang tumbuh di daerah selangkangan. Kocak banget. Cerita tentang suasana makan yang aneh juga ada. Setiap ceritanya ada pesan moral yang dibumbui dengan humornya yang khas.

Kasih Ibu Sepanjang Belanda

Si kambing bakal mmenghadiri summer course di Belanda selama dua minggu. Sebelum pergi, nyokapnya sibuk banget. Nyokapnya ngingatin si kambing untuk bawa sambel ABC sama persediaan celana dalam yang banyak. Disana juga bakal ada cerita si kambing ketemu teman barunya “Perek”. Ada kambing temenan sama Perek? Ya ampun, gak bisa dibayangin. Kejadian-kejadian aneh pun dialamai si kambing di Belanda. Tak lupa, nyokapnya selalu teleponin si kambing setiap saat. Awalnya si kambing terganggu, tetapi lama-lama si kambing sadar kalau perhatian orang tuanya adalah gangguan terbaik yang pernah dia terima. Aduh, si kambing kok jadi bijak gitu ya? Tapi, memang bener kok omongannya si kambing.

Interview With The Hantus

Disini si kambing lagi mewawancarai tiga hantu Indonesia yaitu genderuwo, pocong dan kuntilanak. Wawancara si kambing dengan hantu-hantu, gak bakal buat kita ketakutan malahan bakal buat kita nyengir nyengir sendiri. Contohnya di salah satu perbincangan si kambing sama genderuwo. Si “UWO” bilang dia udah lama gak mainin FarmVille nya yang ada di facebppk. Ada juga cerita tentang pertengkaran para hantu yang sama sekali gak masuk di akal. Tapi, tetap lucu.

Tarian Musim Kawin

Cerita tentang teman sikambing yang udah jomblo perak. Si kambing pun ngasih saran supaya nyari jodoh lewat twitter. Melalui twitter temannya pun berusaha nyari cowok dengan PDKT. Meskipun akhirnya enggak dapat juga. PDKT itu hampir sama kayak tarian musim kawin yang dilakuin sama tupai. Sebelum kawin mereka pasti nari dulu. Terus kalau tupainya suka dengan tariannya, mereka kawin deh. Tapi, kalau di kehidupan nyata kan gak mungkin? Kita nari nari terus kawin? Kagak mungkin. Oh ya, bab ini diakhiri dengan kutipan dari Mick Jagger yang bikin hati kita terenyuh.

Emo..Emo..Emo..Emotikon

Emo..emo..emo..emotikon adalah bab 11 yang hanya 3 halaman tapi lucu banget isinya. Bab ini berisi emotikon yang dipakai di kehidupan sehari-hari. Contohnya :

Loe gue standard             : Loe.Gue.END

Loe gue edisi amnesia    : Loe.Gue…Kenapa ya lo sama gue

Loe gue edisi unyu          : Loe.Gue..Jodoh.hihihi

Loe gue edisi aerobik     : Loe.Gue.END one!END two!End three!

 

Semua contoh itu di MSS lengkap dengan emotikon yang lucu abis. Tapi maaf ya saya gak bisa tampilkan.

Jomblonology

Berisi dua paper Prof.Kambing tentang ilmu kejombloan. Paper pertama dengan judul “Macam-macam Jomblo Menurut  Penyebabnya.” Kita bakal tahu kita termasuk ke jomblo apa. Tapi, jangan dianggap terlalu serius ya sama paper si kambing. Dia kan rada-rada gak pintar. Paper keduanya dengan judul “Mencari Pacar dengan Bauran Pemasaran.” Paper si kambing aneh dan lucu-lucu semua, meskipun ada benernya juga. Perlu dibaca buat para JOMBLO.

Lebih Baik Sakit Hati

Penderitaan si kambing yang harus ngehadapi masalah giginya. Kayaknya si kambing lebay deh buat soal giginya ini. Si kambing bakal ketakutan abis waktu mau dioperasi. Di penderitaannya kita bisa ambil hal-hal lucu yang gak kita sadari. Si kambing pun mengambil kesimpulan : Orang yang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, pasti belum pernah sakit gigi. Betul sekali si kambing! Prok..prok..prok..

Penggalauan

Ada 19 pernyataan yang bisa bikin kita jadi galau abis. Kita bakal teringat dengan seseorang untuk sesaat. Siapin tisu ya buat yang cengeng. Ini dia beberapa diantaranya:
Mereka yang sedang jatuh cinta, biasanya sering berharap. Dan, mereka yang sering berharap, biasanya sering kecewa. (halaman 205 )
Jatuh cinta sama kamu itu kayak naik histeria. Dibawa naik pelan-pelan, lalu dijatuhin tiba-tiba. (halaman 206 )
Cinta datang dari mata ke hati. Selanjutnya dari hati ke air mata. (halaman 207)

Terlentang Melihat Bintang

Cerita tentang si kambing yang belajar seni bela diri GULAT BENJANG, gulat tradisional dari Sunda. Untuk bisa mengalahkan lawannya, si kambing harus mengalami kejadian penyiksaan yang seru. Tiba di pertandingan sebetulnya, berbekal jurus yang sudah diajarkan, si kambing berusaha ngalahin lawannya. Dan si kambing udah pasti kalah. Si kambing dibanting lawannya sampai si kambing jatuh terlentang sambil melihat bintang.

Mencari Rumah Sempurna

Tentang proses pindah rumahnya si kambing. Setelah si kambing dan keuarga berhasil nempati rumah baru, berbagai masalah  aneh terjadi. Mulai dari, kamar yang kecil dan kekanak-kanakan, ada hantunya, listrik yang bermasalah, berisiknya anak-anak kompleks, dan kamar si kambing yang bocor. Si kambing pun selalu ngebandingin rumah lama dengan rumah barunya.  Memang alasan yang tepat untuk menemukan yang baru adalah perjuangan untuk ngelupain.

Serupa Tapi Emang Beda

Ada 10 hal aneh yang dikarang-karang si kambing sendiri. Contohnya:

Ketika malam minggu.

Pacaran : ngapel di rumah pacar.

LDR : ngapel di depan komputer.

Jomblo : ngepel di teras rumah.

Bisa banget ya si kambing nulis yang kayak begituan. Salut buat si kambing.

Manusia Setengah Salmon

Seiring waktu berlalu, udah banyak perubahan yang terjadi di kehidupan si kambing. Juga termasuk kehidupan teman-teman si kambing. Contohnya si Pito yang udah punya anak, ada juga yang udah menikah. Sedangkan si kambing masih aja pacaran. (Kapan nikahnya bang?) Semua perubahan sama kayak perpindahan. Pindah dari jomblo ke nikah. Dari nikah ke punya anak. Banyak perpindahan yang kita alami. Pindah sekolah,pindah kuliah, pindah cita-cita,pindah rumah, pindah status,pindah hidup. Mati, pindah ke alam lain. Sebenarnya Manusia Setengah Salmon juga berisi kutipan kutipan super dari si kambing. Enggak tau dia kenapa tiba-tiba jadi bijak. MSS mengingatkan kita bahwa esensi kita sebagai makhluk hidup adalah pindah. Kita harus pindah sekolah, pindah rumah, pindah hati, dan juga pindah alam. Semua harus kita hadapi layaknya ikan salmon. Ikan salmon setiap tahunnya selalu bermigrasi. Mereka harus melewati berbagai macam bahaya hanya demi untuk bertelur. Begitu juga kita. Kita sebagai manusia harus siap untuk pindah demi mencapai suatu tujuan. Meskipun pindah cukup diidentikkan dengan “kepergian” yang pasti selalu ada “kesedihan”. Kita selalu merasa sedih untuk pindah. Sedih untuk melepas segala sesuatu yang udah diakrabi, yang membuat kita senang. Kita selanjutnya akan khawatir apakah perpindahan kita nanti akan sama enaknya?sama menyenangkan? Untuk mencapai sesuatu kita tidak bisa bertahan di tempat yang sama. Kita harus layaknya ikan salmon yang berani pindah. Tidak takut pindah dan berani berjuang untuk mewujudkan harapannya. Kita hanya perlu mencari kebahagiaan di antara semua perpindahan.

SINOPSIS MANUSIA SETENGAH SALMON

Manusia setengah salmon adalah kumpulan tulisan komedi Raditya Dika. Sembilan belas bab di dalam bercerita tentang pindah rumah, pindah hubungn keluarga, sampai pindah hati. Manusia setengah salmon juga berisi tulisan galau, observasi ngawur dan lelucon singkat khas Raditya Dika.

 

Itu dia mengenai bab-bab di MSS. Ayo, beli dong bukunya. Nyesel loh kalau gak beli. Cuma Rp 42.000. Nabung mulai dari sekarang ya. Lima ribu aja sehari. Pasti kebeli deh. Cepetan. Nanti habis!

Thanks to @radityadika

Good job bang!

By : @naraulitaoy

Sumber : Manusia Setengah Salmon – Raditya Dika

 

 

About these ads

7 responses

  1. saya udah punya bukunya tapi baru :
    @”Manusia setengah Salmon”

    1. sama dong,saya jg baru punya 4 buku radit. hahaha

  2. wiiiihh ceritanya kayaknya bagus tuh. jadi pengen beli bukunya.
    tapi aq tinggal di desa, toko buku jauh.
    hoho
    *menderita

    1. haha.
      memang bagus kok.
      emang situ tinggal dmana? enggak ada toko gramedia ya?

  3. ayo beli bukunya! Dijamin bikin ngakak.

    Oh ya, yg mau copy paste tulisan saya di atas boleh aja, asalkan cantumkan sumbernya dari sini ya.

    By:@naraulitaoy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: